Pompa Distribusi Air Perumdam TJM Rusak, Cek Daftar Area Terdampak di Palabuhanratu

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Satu dari tiga pompa distribusi air milik Perumdam TJM Cabang Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, mengalami kerusakan. Ini membuat suplai air bersih ke sejumlah wilayah terganggu dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Urusan Produksi Perumdam TJM Cabang Palabuhanratu Herdi Safafi mengatakan kerusakan pompa berkapasitas 45 kw ini sudah terjadi sejak awal Februari 2023, namun dampaknya baru terasa oleh konsumen dalam sepekan ini di mana suplai air menjadi kurang lancar.

Berdasarkan penelusuran, lanjut Herdi, kerusakan pompa intake ini disebabkan adanya masalah di bearing pompa. “Sekarang dalam perbaikan. Kalau untuk estimasi waktu belum bisa dipastikan, insyaallah minggu ini bisa selesai,” ujar Herdi kepada sukabumiupdate.com, Kamis (16/2/2023).

Meski pihaknya sedang melakukan perbaikan, Herdi memastikan pelayanan air bersih kepada konsumen tetap berjalan.

Perumdam TJM Cabang Palabuhanratu sudah mengoperasikan pompa cadangan, hanya saja karena kapasitas debit air pompa cadangan lebih kecil dari pompa yang rusak, maka terpaksa harus dilakukan penggiliran aliran air kepada konsumen.

“Pompa intake yang sedang beroperasi sekarang pompa cadangan dengan 37 kw, lebih kecil debitnya dari yang pompa rusak,” kata dia.

“Maka dari itu untuk pelayanan bukan total air mati, tetapi ada wilayah tertentu yang digilir atau ada kebagian air di waktu-waktu tertentu,” tambahnya.

Humas Perumdam TJM Cabang Palabuhanratu, Gilang, menambahkan beberapa wilayah yang dilakukan penggiliran pelayanan air pada Kamis ini yaitu Blok Silliwangi Barat, Jalan Pelita, Panyairan Majlis, Cipatuguran, Kampung Jamban, dan Gang Lumbung.

“Di sejumlah wilayah tersebut mulai hari ini sampai waktu yang belum ditentukan akan ada penggiliran pelayanan air di siang hari mulai 07.00-18.00 WIB,” kata Gilang.

Adapun wilayah lain yang tidak tercantum di atas, lanjut Gilang, penggiliran suplai air akan dilaksanakan pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB, Jumat, 17 Februari 2023 pagi besok. Ini karena masih dalam proses perbaikan pompa distribusi.

“Untuk wilayah terdampak, kami imbau dapat menampung air untuk kebutuhan
harian. Kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat segera menyelesaikan perbaikan pompa distribusi tersebut,” ujarnya.

“Atas terjadinya gangguan pendistribusian air, manajemen Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi Cabang Palabuhanratu memohon maaf atas ketidaknyaman ini,” kata Gilang.

More To Explore