Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Pipa Rusak di Proyek Jembatan Cicewol Cidahu

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan pipa air yang rusak di lokasi proyek pembangunan Jembatan Cicewol.

Pipa jaringan berukuran 3 inci itu rusak akibat terkena longsoran pada Senin, 5 Juni 2023 sehingga menganggu terdapat pasokan air untuk pelanggan di wilayah Perumdam TJM cabang Cidahu.

Merespons hal itu, tim teknis Perumda AM TJM cabang Cidahu hingga saat ini terus berupaya memulihkan pasokan air yang terganggu. Mereka melakukan perbaikan dan penggantian pipa air yang rusak, serta melakukan pemeriksaan menyeluruh pada seluruh sistem perpipaan untuk memastikan tidak ada kerusakan tambahan yang terjadi.

PLH Kaur Administrasi Perumdam TJM Cabang Cidahu, Angga Harno mengatakan dampak dari kerusakan tersebut adalah berkurangnya tekanan air.

“Intinya jalur yang melewati Jembatan pada saat ini kurang maksimal dikarenakan imbas dari perbaikan Jembatan Cicewol, jadi pipa kita ikut terganggu karena terpotong,” ujarnya, Selasa (6/5/2023).

Angga menyatakan pekerjaan perbaikan dilakukan sejak Senin, 5 Juni 2023 dan untuk saat ini akan dilakukan penyelesaian pekerjaan. “Jadi disitu ada dua pipa, yang kiri sudah selesai, sekarang tinggal perbaikan yang kanan, ditargetkan hari ini sudah selesai,” ungkapnya.

Terkait adanya hal itu, Perumda AM TJM cabang Cidahu meminta pengertian dan kesabaran dari masyarakat yang terkena dampak.

“Untuk sementara ada 5 wilayah yang terdampak gangguan pada hari ini dimulai pukul 08.00 WIB yaitu Kampung Pasir Dalem, Kampung Cicewol, Perumahan BCA Pasir Dalem, Perumahan Mekarsari 1,2,3 dan Kampung Ciburial,” kata Ia.

Dalam upaya mempercepat pemulihan pasokan air ke masyarakat, Perumdam memutuskan untuk menggunakan pipa PVC daru yang sebelumnya menggunakan pipa besi. Pipa PVC sebagai alternatif yang efisien dan cepat.

“Sebelum proses jembatan selesai pipa jaringan direlokasi dulu agar 5 wilayah tersebut segera mendapatkan pasokan air dengan normal. Jadi sekarang menggunakan pipa PVC dulu dengan tujuan supaya wilayah yang terganggu sementara bisa cepat mengalir dengan baik,” jelasnya.

More To Explore